Apa
itu malan nisfu sya’ban????
Sya’ban, adalah bulan kedelapan dalam kalender Islam
.Dinamakan Sya’ban, karena orang-orang Arab pada bulan-bulan tersebut yatasya’abun/berpencar untuk
mencari sumber mata air. Dikatakan juga karena mereka tasya’ub/berpisah-pisah
di gua-gua. Dan dikatakan juga sebagai bulan Sya’ban karena bulan ini
muncul/sya’aba di antara dua bulan Rajab dan Ramadhan.
Sya'ban diambil kosa kata bahasa Arab yang berasal dari kata syi'ab yang artinya jalan di atas
gunung. Islam kemudian memanfaatkan bulan Sya’ban sebagai waktu untuk menemukan
banyak jalan, demi mencapai kebaikan.
Karena bulan Sya’ban terletak di antara bulan Rajab dan bulan Ramadhan, karena diapit oleh dua bulan mulia ini, maka
Sya’ban seringkali dilupakan. Padahal semestinya tidaklah demikian. Dalam bulan
Sya’ban terdapat berbagai keutamaan yang menyangkut peningkatan kualitas
kehidupan umat Islam, baik sebagai individu maupun dalam lingkup
kemasyarakatan.
Karena letaknya yang mendekati bulan Ramadhan, bulan Sya’ban memiliki berbagai hal yang dapat memperkuat keimanan. Umat Islam dapat mulai mempersiapkan diri menjemput datangnya bulan termulia dengan penuh suka cita dan pengharapan anugerah dari Allah SWT karena telah mulai merasakan suasana kemuliaan Ramadhan.
”Bulan Sya'ban adalah bulan yang biasa dilupakan orang, karena letaknya antara bulan Rajab dengan bulan Ramadan. Bulan Sya’ban adalah bulan diangkatnya amal-amal. Karenanya, aku menginginkan pada saat diangkatnya amalku, aku dalam keadaan sedang berpuasa.” (HR Abu Dawud dan Nasa'i)
Dari sinilah diutamakan bulan sya'ban agar senantiasa memperbaiki amal ibadah dan lebih sungguh-sungguh lagi
agar yang ternagkat adalah lebih banyak amal kebajikan .shodaqoh dan menjalin
silaturrahim. Umat Islam di Nusantara biasanya menyambut keistimewaan bulan Sya’ban dengan mempererat silaturrahim melalui pengiriman oleh-oleh yang berupa
makanan kepada para kerabat, sanak famili dan kolega kerja mereka. Sehingga
terciptalah tradisi saling mengirim parcel di antara umat Islam.
Sebagian ulama, diantaranya Ibnul Mubarak telah merajihkan bahwa Nabi Muhammad SAW
tidak pernah menyempurnakan puasa bulan Sya’ban akan tetapi beliau banyak berpuasa di dalamnya. Pendapat ini didukung oleh hadis yang diriwayatkan imam
Muslim dari ‘Aisyah ra, katanya, ‘ Saya tidak mengetahui beliau SAW puasa satu
bulan penuh kecuali Ramadhan’.
Nisfu artinya separuh jadi separuh bulan dalam bulan arab biasanya adalah tanggal 15 Kaum Muslimin meyakini
bahwa pada malam ini, dua malaikat pencatat amalan keseharian manusia, yakni
Raqib dan Atid, menyerahkan catatan amalan manusia kepada Allah SWT, dan pada malam itu pula
buku catatan-catatan amal yang digunakan setiap tahun diganti dengan yang baru.
Nisfu Sya'ban berarti pertengahan bulan Sya'ban. Pada
malam ini biasanya diisi dengan pembacaan Surat
Yaasiin tiga kali
berjamaah dengan niat semoga diberi umur panjang, diberi rizki yang banyak dan
barokah, serta ditetapkan imannya.
Peringatan Nisfu Sya'ban tidak hanya dilakukan di
Indonesia saja. Al-Azhar sebagai yayasan pendidikan tertua di Mesir bahkan di seluruh dunia selalu
memperingati malam yang sangat mulia ini. Hal ini karena diyakini pada malam
tersebut Allah akan
memberikan keputusan tentang nasib seseorang selama setahun ke depan. Keutamaan
malam nisfu Sya'ban diterangkan secara jelas dalam kitab Ihya' Ulumuddin karangan Imam Al-Ghazali.
Imam Ghazali mengistilahkan malam Nisfu Sya'ban sebagai malam yang penuh dengan syafaat (pertolongan). Menurut al-Ghazali, pada malam ke-13 bulan Sya'ban Allah SWT memberikan seperti tiga syafaat
kepada hambanya. Sedangkan pada malam ke-14, seluruh syafaat itu diberikan
secara penuh. Dengan demikian, pada malam ke-15, umat Islam dapat memiliki banyak sekali kebaikan
sebagai penutup catatan amalnya selama satu tahun. Karena pada malam ke-15 bulan Sya’ban nanti, catatan perbuatan manusia penghuni bumi akan dinaikkan ke hadapan Allah SWT.
Para ulama menyatakan bahwa Nisfu Sya'ban juga dinamakan sebagai malam pengampunan atau malam maghfirah, karena pada malam itu Allah SWT menurunkan pengampunan kepada seluruh hamba Allah dipenjuru dunia .
Malam Nishfu Sya’ban dan seluruh bulan adalah saat yang utama dan penuh berkah, maka selayaknya seorang muslim memperbanyak aneka ragam amal
kebaikan. Doa adalah pembuka kelapangan dan kunci keberhasilan, maka sungguh tepat bila malam
itu umat Islam menyibukkan dirinya dengan berdoa kepada Allah Subhanahu
wata’ala terlebih-lebih bulan yang dibulan say'ban dan romadhon nanti , tapi jangan menunggu hari esok tapi laksanakanlah ibadah
dengan khusu; dan banyak hari sebab besok belum tentu bisa ibadah.
Nisfu Sya’ban dinamakan juga
sebagai malam pengampunan atau malam magfirah, karena pada malam itu Allah SWT
menurunkan pengampunan kepada seluruh penduduk bumi, terutama kepada hambanya
yang saleh. Namun dalam pemberian ampunan itu dikecualikan bagi orang-orang
yang masih tetap pada perbuatannya mensyarikatkan Allah alias musyrik, dan bagi
mereka yang tetap berpaling dari Allah SWT. Nabi bersabda: ?Tatkala datang
malam Nisfu Sya’ban Allah memberikan ampunanNya kepada penghuni bumi, kecuali
bagi orang syirik (musyrik) dan berpaling dariNya (HR Ahmad).
Kecuali Enam Golongan Ibn Ishak
meriwayatkan dari Anas bin Malik bahwa pernah Rasulullah memanggil isterinya,
Aisyah dan memberitahukan tentang Nisfu Sya’ban. “Wahai Humaira, apa yang
engkau perbuat malam ini? Malam ini adalah malam di mana Allah yang Maha Agung
memberikan pembebasan dari api neraka bagi semua hambanya, kecuali enam
kelompok manusia”.
Kelompok yang dimaksud
Rasulullah yaitu, Pertama, kelompok manusia yang tidak berhenti minum hamr atau
para peminum minuman keras. Sebagaimana berulang kali dikemukakan bahwa yang
dimaksud dengan hamr adalah jenis minuman yang memabukkan, baik jenis minuman
yang dibuat secara tradisional mapun jenis minuman yang dibuat secara modern.
Istilah populernya adalah minuman keras atau miras. Yang disebut pertama antara
lain tuak atau ballok, baik ballok tala, ballok nipa, maupun ballok ase.
Sementara yang disebut kedua antara lain bir dan whyski. Termasuk kategori
sebagai orang yang tidak berhenti minum hamr ialah orang-orang menyiapkan
minuman tersebut atau para pembuat dan pengedarnya. Mereka ini tidak mendapat
pembebasan dari api neraka, tetapi malah diancam dengan siksaan api neraka.
Kedua, orang-orang yang mencerca
orang tuanya. Termasuk kategori mencerca orang tua ialah berbuat jahat terhadap
orang tua yang dalam hal ini ibu bapak. Menurut ajaran agama yang menyatakan
syis saja kepada ibu atau bapak itu sudah termasuk dosa. Membentak orang tua
termasuk perbuatan yang sangat dilarang. Allah SWT di samping menegaskan kepada
manusia untuk tidak beribadah selainNya, maka kepada kedua orangtua berbuat
baiklah. Waqadha Rabbuka an La ta’buduu Illah Iyyahu wa bilwalidaini ihsanan
(al-Isra: 17:23). Perbutan kategori baik terhadap orang tua antara lain
bertutur kata kepada keduanya dengan perkataan yang mulia, merendahkan diri
kepada keduanya dengan penuh kasih sayang, dan kepada keduanya didoakan; “Wahai
Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik
aku di waktu kecil.”
Ketiga, orang-orang yang
membangun tempat zina. Tempat berzina dimaksud adalah tempat pelacuran yang
kini nama populernya tempat PSK (pekerja seks komersial). Golongan atau
kelompok orang yang seperti ini, pada malam Nisfu Sya’ban tidak mendapat
pembebasan dari api neraka, tetapi sebaliknya mereka dijanji dengan siksaan dan
azab.
Keempat, orang-orang atau para
pedagang yang semena-mena menaikkan harga barang dagangannya sehingga pembeli
merasa dizalimi. Misalnya, penjual bahan bakar minyak, termasuk minyak tanah.
Harga dagangan jenis ini sudah ada harga standar, tetapi kalau penjualnya
menaikkan harganya secara zalim, maka penjual yang demikian itulah yang tidak
mendapat pembebasan dari neraka.
Kelima, petugas cukai yang tidak
jujur. Termasuk kategori petugas cukai adalah para kolektor pajak atau
orang-orang yang menagih pajak dan retribusi. Misalnya petugas cukai yang
bertugas di pasar-pasar yang menerima uang atau cukai dari penjual dengan bukti
penerimaan dengan karcis. Salah satu bentu ketidakjujuran kalau uang diterima
tetapi tidak diserahkan bukti penerimaan (karcis).
Keenam, kelompok orang-orang
tukang fitnah. Orang-orang kelompok ini suka menyebarkan isu dan pencitraan
buruk yang sesungguhnya hanyalah sebuah fitnah. Keenam golongan inilah yang
disebut tidak mendapat fasilitas itqun minannar.
Atas dasar itu, kiranya kita
semua dapat menyadari bahwa sesungguhnya bulan Sya’ban merupakan bulan
persiapan untuk memasuki bulan suci Ramadan. Persiapan itu meliputi persiapan
mental dan persiapan fisik. Manusia atau umat hendaknya memasuki bulan suci
Ramadan sudah dalam keadaan iman yang mantap dan sudah dalam keadaan
mendapatkan syafaat, dan sudah dalam keadaan mendapat jaminan dan pembebasan
dari siksaan api neraka.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar